Dokumentasi Kegiatan CV. Susun Bentang Alam

Penyerahan Laporan Rekomendasi
Penyerahan Laporan Rekomendasi Pemupukan

Penyerahan Laporan Rekomendasi

Bapak Rus merupakan salah satu dari sekian banyak client yang menggunakan jasa CV. Susun Bentang Alam untuk menyelesaikan permasalahan di kebun kelapa sawitnya. Saat itu Pak Rus menghubungi CV.SBA dan menjelaskan mengenai kondisi kebunnya. Yaitu setelah menggunakan pupuk majemuk komposisi NPK triple 16 (16;16;16) hasilnya lumayan meningkat, kemudian beliau ingin lebih meningkatkan hasilnya yaitu menggunakan pupuk NPK (13;6;27;4) namun ternyata tanaman kelapa sawit milik beliau semakin anjlok. Bunga jantan semakin banyak dan pelepah mengalami sengkleh. Setelah kami lakukan asesmen dan analisa daun di laboratorium, ternyata secara umum tanaman mengalami kekurangan unsur P dan Mg. Selanjutnya tim CV.SBA membuat rekomendasi pupuk yang cocok berdasarkan hasil asesmen, uji sampel daun dan tanah serta beberapa pengamatan lainnya. Selang 1 tahun kemudian, terjadi peningkatan TBS dan kemunculan bunga jantan semakin sedikit.

Pengambilan Anak Daun dari Pelepah ke-17

Pengambilan Sampel Daun Sawit

Pengambilan daun sawit sering juga disebut sebagai Leaf Sampling Unit. Merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan sebelum melakukan pemupukan. Sejauh ini, kegiatan leaf sampling unit merupakan kegiatan yang paling akurat untuk menentukan dosis dan jenis pupuk yang tepat untuk tanaman kelapa sawit.

Penjelasan Proses Pengambilan Sampel Daun (LSU)

Kegiatan ini dilakukan pada saat proses pengambilan sampel daun (LSU) dan tanah (SSU) pada salah satu client CV. Susun Bentang Alam.

Pelatihan kepada Petani Swadaya

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para petani swadaya tentang proses pengambilan sampel daun (Leaf Sampling Unit). Tepat pada gambar merupakan pemberian ilmu teknis tata cara pengambilan anak daun kelapa sawit pada pelepah ke-17.

Pelatihan Pengukuran Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Kelapa Sawit TM

Kegiatan ini dilakukan pada saat tim CV. Susun Bentang Alam memberikan pelatihan tentang Tatacara Pengambilan Sampel Daun dan Tanah di Desa Tandun Kabupaten Rokan Hulu.

Diskusi Antara CV. Susun Bentang Alam dengan Pengurus Kelompok Tani

Diskusi ini membahas tentang permasalahan yang terjadi di perkebunan kelapa sawit Kelompok Tani terkait dengan masalah defisiensi unsur hara, hama penyakit dan lain-lain.

Petugas Pengambil Sampel

Petugas Pengambil Sampel CV. Susun Bentang Alam

Keahlian yang dimiliki oleh Personel CV. Susun Bentang Alam sehingga mampu melakukan kegiatan pengambilan sampel. Hal ini sangat penting untuk mendukung kualitas data yang dihasilkan untuk membuat analisa yang akurat dan presisi.

Penandatangan Kontrak Kerjasama dengan Para Ketua KUD

Untuk membangun kerjasama yang baik, dibutuhkan komitmen yang kuat antara kedua bela pihak. Hal ini juga bermanfaat untuk membangun kepercayaan antara client dengan CV. SBA.

Diskusi dilapangan

Diskusi dengan Ketua KUD dan para Petugas Pengambil Sampel

Diskusi ini membahas beberapa hal penting yang beguna untuk mengetahui kondisi perkebunan kelapa sawit sehingga laporan yang diterbitkan bersifat representatif dan aktual. Diskusi ini juga membahas mengenai permasalahan yang timbul sehingga pihak CV. SBA dapat secara langsung memberikan solusi-solusi sederhana namun tepat sasaran. Kegiatan ini dilakukan bersamaan saat proses pengambilans sampel daun di salah satu KUD di Provinsi Riau.

Meeting dengan Salah Satu Client

Meeting Persiapan Pelatihan Pengambilan Sampel

Agar kegiatan yang dilakukan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan sebelumnya, maka diperlukan pertemuan mendalam untuk membahas taknis yang akan dilaksanakan di lapangan sehingga Client akan semakin puas.